-->

7 Tips Hilangkan Bau Mulut Tanpa Sikat Gigi

7 Tips Hilangkan Bau Mulut Tanpa Sikat Gigi


Ketika kamu sedang bepergian ataupun berada di luar rumah dan tidak membawa sikat gigi, jangan membiarkan bau mulut mengganggu aktivitas kamu. Masih ada cara lain yang dapat kamu lakukan guna mengatasi bau mulut meski tidak membawa sikat gigi.

Simak dalam ulasan berikut ini :

1. Makan buah
Selain bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, ternyata buah juga berperan aktif dalam menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut. Pada dasarnya, semua buah yang kaya akan berbagai vitamin dan nutrisi ini merupakan salah satu cara praktis untuk menghilangkan bau mulut. Saat kamu mengunyah buah-buahan maka mulut akan memproduksi lebih banyak air liur, yang secara perlahan akan mengatasi bau mulut.

2. Bersihkan lidah
Membersihkan lidah tidak buat lidah baal, meskipun tidak memiliki sikat gigi, kamu masih bisa membersihkan area mulut, misalnya lidah, menggunakan alat penggosok lidah. Ada banyak bakteri yang bersembunyi di lidah dan dapat menjadi sarang penyebab bau mulut.

3. Makan permen karet rasa mint
Mencegah asam lambung, Menurut drg. Tripti Meysman, pendiri klinik gigi bernama CityTooth di Minneapolis, Amerika Serikat, makan permen karet dapat menjadi salah satu solusi cerdas untuk mengatasi bau mulut saat Anda tidak membawa sikat gigi.
Pilih permen karet rasa mint serta hindari permen karet dengan rasa manis. Karena, bakteri di dalam mulut dapat memakan kandungan gula yang terdapat dalam permen karet rasa manis, sehingga kemudian menghasilkan asam dalam mulut. 

4. Gunakan obat kumur
Menggunakan mouthwash dapat menjadi pertolongan pertama untuk membersihkan area mulut jika tidak memiliki sikat gigi. Selain ampuh untuk menyegarkan aroma napas berkat rasa mint yang terkandung di dalamnya, obat kumur juga dapat memberi perlindungan ekstra dalam menyingkirkan bakteri.

5. Makan yogurt
Yogurt bisa memperlancar kerja sistem pencernaan. Tak hanya itu, bagi kamu yang sering mengalami masalah dengan bau mulut, yogurt dapat menjadi salah satu pilihan camilan ataupun minuman terbaik. Karena, yogurt mempunyai kandungan probiotik yang ampuh menyingkirkan bakteri jahat pada mulut serta menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri, yang menyebabkan adanya bau khas dari mulut Anda.

6. Hindari makan makanan sumber bau mulut
Tanpa kamu sadari, di balik rasa makanan yang enak ternyata ada beberapa makanan yang menjadi sumber bau mulut, seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombai, petai, dan jengkol. Bahkan menggosok gigi serta berkumur dengan mouthwash pun tidak bisa membantu menyegarkan napas Anda. Jadi kalau kamu sedang tidak bawa sikat gigi, hindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut.

7. Minum banyak air putih
Pernahkah ketika baru bangun tidur kamu merasa ada aroma tidak sedap yang keluar dari mulut? Ya, itu disebabkan karena produksi air liur yang berkurang saat kamu tidur. Nah, cara yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan untuk mengatasi bau mulut yakni dengan minum banyak air putih, terlebih saat baru bangun tidur. Karena, bakteri yang menyebabkan napas Anda berbau tak sedap mempunyai sifat anaerobik, artinya bakteri tersebut akan tumbuh subur dalam suasana yang kering.

Semoga tips hilangkan bau mulut di atas berguna ya.. selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel