-->

Penyakit Tulang yang Sering Terjadi pada Manusia

Penyakit Tulang yang Sering Terjadi pada Manusia


Penyakit Tulang yang Sering Terjadi dan Harus Dihindari

Tulang merupakan jaringan yang tersusun oleh sel dan didominasi oleh matrix kolagen ekstraselular (type I collagen) disebut sebagai osteoid. Osteoid tersebut termineralisasi oleh deposit kalsium hydroxyapatite sehingga tulang menjadi kaku dan kuat. Tetapi, penyakit tulang dapat menyerang kapan saja, jika tidak menjaga kesehatan tulang.
Penyakit tulang atau kelainan tulang memang bisa sangat mengganggu aktivitas Anda, disebabkan karena fungsi tulang yang seharusnya berjalan secara normal menjadi tidak normal.

Macam macam penyakit tulang

1. Kaki bengkok
Kaki bengkok terjadi karena adanya gangguan pertumbuhan tulang pada pusat lutut atau karena tulang itu rapuh. Penyakit tulang yang satu ini dapat juga terjadi karena penyakit beri-beri, polio, bahkan lumpuh otak. Berat badan dan kebiasaan duduk di lantai dengan melipat kaki juga bisa membuat kaki menjadi bengkok.
Kaki bengkok yang diderita pada usia dewasa biasanya disebabkan oleh radang sumsum tulang, patah tulang, tulang sendi yang memburuk, atau penyakit sifilis tulang. Penyakit tulang seperti ini tidak bisa diobati sendiri di rumah tetapi harus segera ditangani oleh tenaga medis profesional.

2. Calcaneal spur (sakit pada tumit)
Sakit pada tumit ini terjadi karena ketegangan yang berlebihan akibat memikul beban berat. Akibatnya, muncul tonjolan tulang seperti taji di bawah tulang tumit. Penyakit tulang kaki ini bisa diatasi dengan merendam kaki yang sakit di dalam air panas dan mengurutnya satu dua kali sehari. Cara ini bisa membantu melancarkan peredaran darah di kaki dan mengurangi rasa sakit

3. Osteoarthritis
Penyakit tulang ini terjadi pada mereka yang berusia lanjut. Penyakit ini adalah penyakit arthritis yang tidak menimbulkan peradangan sendi. Biasanya penyakit ini menyerang sendi pada lengan, pergelangan lutut, kaki, bahu serta pinggul. Penyakit ini merupakan nama lain dari rematik.

4. Penyakit pirai (gout)
Penyakit ini biasanya menyerang mendadak pada manusia serta terjadi secara berulang. Penyakit pada tulang tersebut ditandai dengan perasaan nyeri pada tulang atau biasa disebut flu tulang. Penyakit ini diakibatkan terbentuknya endapan kristal monosodium glutamat urat yang berkumpul pada sendi. Penyebab yang lain karena tingginya kadar asam urat dalam darah.
Beberapa penyakit seperti chikungunya dan osteomyelitis tidak jarang disebut sebagai flu tulang.

5. Sarcoidosis
Penyakit tulang ini adalah peradangan yang bermula dengan ditandai terbentuknya granuloma di kelenjar getah bening, paru-paru, hati, dan mata, kulit serta jaringan lainnya.

6. Keseleo atau terkilir
Penyakit tulang yang terjadi pada sendi ini menyebabkan tulang menjadi tidak bisa digerakkan atau terjadinya rasa sakit yang luar biasa pada sendi.

7. Rakitis
Penyakit tulang kaki ini bisa mengganggu penampilan Anda, terutama pada kaki. Beberapa orang yang tak mau mengonsumsi sayur atau kekurangan vitamin D, tulang kakinya bisa menjadi bengkok membentuk huruf O atau X.





Banyak banyak lah mengkonsumsi susu dengan kandungan kalsium yang baik buat tulang semenjak masih muda, agar di masa tua nanti kita masih terjaga kesehatan tulangnya dan terhindar dari penyakit tulang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel