-->

Tusuk Kulit, Penyakit Sembuh, Pengobatan Akupuntur

    Tusuk Kulit, Penyakit Sembuh, Pengobatan Akupuntur

 Akupunktur adalah praktik penyembuhan kuno dari pengobatan China tradisional yang mana jarum tipis ditusukan pada titik-titik tertentu di dalam tubuh. Akupuntur bermanfaat meredakan nyeri, tetapi juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi lain. Di Amerika jutaan orang pernah melakukan teknik penyembuhan dengan akupunktur. Tetapi sebenarnya pengobatan akupuntur ini lebih populer di negara-negara Asia.

Cara kerja akupunktur yaitu dengan cara melepaskan aliran energi vital dari tubuh atau yang sering di sebut Chi (aliran energi) dengan merangsang titik sepanjang 14 jalur energi. Para ilmuwan sependapat bahwa jarum membantu tubuh melepaskan endorfin (obat penghilang rasa sakit alami) dan meningkatkan aliran darah serta mampu mengubah aktivitas otak. Namun bagi kaum skeptis mengatakan, akupunktur bekerja hanya karena orang-orang percaya akan efek yang disebut efek plasebo atau disebut dengan Sugesti.


Berikut Penyakit yang bisa diobati dengan teknik akupuntur

1. Nyeri
Orang-orang telah mencoba akupuntur untuk mengobati nyeri pada leher, nyerin otot, tennis elbow atau nyeri pada peradangan sendi disisi luar siku, dan kram saat menstruasi. WHO (World Healt Organization) memiliki 28 daftar kondisi kesehatan yang bisa diobati dengan akupuntur.

2. Sakit gigi
Akupuntur dapat mengurangi rasa sakit saat pencabutan gigi atau setelah operasi gigi

3. Carpal tuner syndrome
Di Taiwan, akupuntur pernah diuji dan dibandingkan dengan pil steroid untuk meredakan nyeri tangan dan lengan karena carpal tunnel syndrome, hasilnya kelompok yang melakukan teknik akupuntur dalam waktu satu bulan manyatakan bahwa merasa lega untuk waktu yang lama.

4. Nyeri Arthritis
Para ahli saraf dan otot di Amerika Serikat, menyatakan bahwa titik akupunktur bisa membantu pengobatan konvensional untuk osteoarthritis, terutama meredakan nyeri arthritis pada lutut kaki.

5. Fibromyalgia
Studi yang menguji keampuhan akupunktur juga membuktikan bahwa pengobatan ini dapat melawan rasa sakit yang diakibatkan fibromyalgia. Sebuah studi kecil yang dilakukan Mayo Clinic juga mengatakan hal yang sama. Akupunktur juga dapat mengurangi dua masalah lain dari fibromyalgia, yaitu kelelahan dan kecemasan. Tetapi secara keseluruhan, belum ada cukup bukti bahwa akupunktur bekerja untuk fibromyalgia.

6. Sakit kepala
Akupunktur atau pengobatan tusuk jarum dapat membantu meringankan migrain atau sakit kepala karena otot tegang. Penelitian menemukan bahwa orang yang melakukan akupunktur merasakan lebih sedikit ketegangan yang diakibatkan sakit kepala daripada mereka yang melakukan pengobatan konvensional.

7. Nyeri punggung
Jika pengobatan standar atau umum tidak dapat meredakan nyeri punggung kronis, akupunktur bisa melakukannya. Penelitian menemukan bahwa akupunktur bekerja lebih baik daripada pengobatan konvensional pada sakit punggung.
Teknik pengobatan akupuntur seperti halnya terapi komplementer, disarankan juga untuk menggunakannya bersamaan dengan perawatan konvensional dalam kasus penyakit kronis atau berat.


Nah, itu dia manfaat akupuntur untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Ingat! Tetap berhati-hati ya saat melakukan terapi akupuntur. Salam sahabat Sehat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel